Pekuncen, 1 September 2014
Assalamu’alaikum wr.wb
Bapak …., yang saya kagumi.
Lama saya tidak berjumpa dengan Bapak. Bagaimana kabarnya
pak? Semoga bapak dan keluarga dalam keadaan sehat. Alhamdulillah, saya dan
keluarga juga dalam keadaan yang sehat. Saat ini, saya telah menginjak kelas
XII, pak, semua ini tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bapak yang telah
mengajar saya selama kurang lebih 2 tahun, di kelas X dan kelas XI. Meskipun
sekarang Bapak tidak lagi mengajar saya, namun pengalaman menjadi siswi Bapak
masih melekat dalam ingatan saya. Semangat, kesabaran dan kebaikan hati bapak,
telah membuat saya kagum dan menghargai apa yang Bapak ajarkan kepada saya.
Melalui surat ini, saya ingin memberitahukan informasi
kepada Bapak, yaitu tentang beberapa cara membangkitkan semangat belajar siswa melalui
musik. Pertama, yaitu dengan menyisipkan lagu pada materi yang akan bapak
ajarkan, lagu yang disisipkan bisa jenis lagu apapun, yang penting bisa pas
dengan materi yang bapak ajarkan, misalnya lagu anak anak yaitu pelangi untuk mengajar
system periodic unsur. Kedua, dengan menyisipkan lagu untuk lebih mudah
menghafal rumus tertentu, biasanya ini perlu pemahaman yang lebih, tergatung
penangkapan siswa. Rumus yang akan dinyanyikan seperti lagu, biasannya di buat
kata- kata lebih dahulu agar antara lagu dan rumus seimbang. Untuk cara ini,
lebih baik di lakukan secara bekerja sama untuk menentukan rumus dan mencari
lagu yang tepat. Karena, jika bersama lebih mudah. Ketiga, tidak dalam materi
tetapi dalam selingan pelajaran, misalnya setelah satu jam berlalu, biasannya
siswa sudah mulai kehilangan semangat, mengantuk, bosan. Bapak bisa mengajak
para siswa untuk menyanyi bersama, lagu yang nadannya bersemangat, kurang lebih
2-5 menit. Kalau perlu, menyanyikan lagu wajib, nasional atau daerah, misalnya
garuda pancasila, 17 agustus, gundul-gundul pacul dll.
Untuk pemilihan lagu, ada beberapa ketentuan yang harus di
perhatikan. sebaiknya mencari lagu yang nadannya bersemangat dan yang umum, yang
sebagian siswa hafal. Lebih jelasnya, biarkan siswa yang memilih, Jika akan
disisipkan pada materi atau rumus juga harus disesuaikan.
Dengan cara itu, di harapkan siswa lebih semangat dalam
belajar, lebih paham tentang materi dan menbekas dalam ingatan, bisa lebih
mengenal lagu- lagu di Indonesia, lebih meningkatkan rasa cinta pada tanah air,
menghilangkan rasa ngantuk, bosan selama pelajaran di kelas. Kegiatan ini mungkin
akan menyita banyak waktu, tetapi kegiatan ini bisa mengurangi siswa yang
kurang bersemangat dalam belajar. Itulah mungkin keuntungan dan kerugian
menerapkan kegiatan itu.
Sebagai guru kimia sekaligus pembimbing ekstrakurikuler
paduan suara, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk Bapak, saya minta
maaf apabila dalam memberikan informasi melalui surat ini, saya banyak
kesalahan.
Wassalamu’alaikum wr.wb
0 komentar:
Posting Komentar