Kamis, 16 Oktober 2014

Contoh Surat Pribadi

Diposting oleh Unknown di 03.39
Pekuncen, 1 September 2014
Assalamu’alaikum wr.wb
Bapak …., yang saya kagumi.
Lama saya tidak berjumpa dengan Bapak. Bagaimana kabarnya pak? Semoga bapak dan keluarga dalam keadaan sehat. Alhamdulillah, saya dan keluarga juga dalam keadaan yang sehat. Saat ini, saya telah menginjak kelas XII, pak, semua ini tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bapak yang telah mengajar saya selama kurang lebih 2 tahun, di kelas X dan kelas XI. Meskipun sekarang Bapak tidak lagi mengajar saya, namun pengalaman menjadi siswi Bapak masih melekat dalam ingatan saya. Semangat, kesabaran dan kebaikan hati bapak, telah membuat saya kagum dan menghargai apa yang Bapak ajarkan kepada saya.
Melalui surat ini, saya ingin memberitahukan informasi kepada Bapak, yaitu tentang beberapa cara membangkitkan semangat belajar siswa melalui musik. Pertama, yaitu dengan menyisipkan lagu pada materi yang akan bapak ajarkan, lagu yang disisipkan bisa jenis lagu apapun, yang penting bisa pas dengan materi yang bapak ajarkan, misalnya lagu anak anak yaitu pelangi untuk mengajar system periodic unsur. Kedua, dengan menyisipkan lagu untuk lebih mudah menghafal rumus tertentu, biasanya ini perlu pemahaman yang lebih, tergatung penangkapan siswa. Rumus yang akan dinyanyikan seperti lagu, biasannya di buat kata- kata lebih dahulu agar antara lagu dan rumus seimbang. Untuk cara ini, lebih baik di lakukan secara bekerja sama untuk menentukan rumus dan mencari lagu yang tepat. Karena, jika bersama lebih mudah. Ketiga, tidak dalam materi tetapi dalam selingan pelajaran, misalnya setelah satu jam berlalu, biasannya siswa sudah mulai kehilangan semangat, mengantuk, bosan. Bapak bisa mengajak para siswa untuk menyanyi bersama, lagu yang nadannya bersemangat, kurang lebih 2-5 menit. Kalau perlu, menyanyikan lagu wajib, nasional atau daerah, misalnya garuda pancasila, 17 agustus, gundul-gundul pacul dll.
Untuk pemilihan lagu, ada beberapa ketentuan yang harus di perhatikan. sebaiknya mencari lagu yang nadannya bersemangat dan yang umum, yang sebagian siswa hafal. Lebih jelasnya, biarkan siswa yang memilih, Jika akan disisipkan pada materi atau rumus juga harus disesuaikan.
Dengan cara itu, di harapkan siswa lebih semangat dalam belajar, lebih paham tentang materi dan menbekas dalam ingatan, bisa lebih mengenal lagu- lagu di Indonesia, lebih meningkatkan rasa cinta pada tanah air, menghilangkan rasa ngantuk, bosan selama pelajaran di kelas. Kegiatan ini mungkin akan menyita banyak waktu, tetapi kegiatan ini bisa mengurangi siswa yang kurang bersemangat dalam belajar. Itulah mungkin keuntungan dan kerugian menerapkan kegiatan itu.
Sebagai guru kimia sekaligus pembimbing ekstrakurikuler paduan suara, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk Bapak, saya minta maaf apabila dalam memberikan informasi melalui surat ini, saya banyak kesalahan.
Wassalamu’alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

 

STUPID ENJOY DIARY Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos